Rangkaian Dasar Kelistrikan AC Mobil

Berikut adalah rangkaian dasar dari sistem kelistrikan AC yang digunakan pada mobil :

Keterangan :

Pada gambar diatas terdiri atas dua bagian besar, yaitu rangkaian blower dan rangkaian thermostat.

Rangkaian Blower berfungsi untuk mengatur kecepatan kipas blower dengan menggunakan switch / saklar blower. Rangkaian ini hanya dasar, dan pada dasarnya setiap AC mobil menggunakan alur ini, namun dengan berbagai tambahan sesuai dengan kebutuhan.

Rangkaian Thermostat berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan arus secara otomatis. Hal ni terjadi berdasarkan besar suhu yang di terima oleh komponen thermostat. Jika suhu pada ruangan sudah dingin, maka secara otomatis thermostat akan memutuskan arus yang mengalir ke kopling magnet yang ada di kompresor dengan menggunakan relay, sehingga kompresor berhenti bekerja. Sebaliknya, jika suhu di ruangan panas atau tidak sesuai dengan keinginan pengguna yang di setel pada panel pengatur suhu, maka thermostat akan membuka arus yang mengalir ke kopling magnet dengan menggunakan relay. Sehingga kompresor bekerja.

Catatan :
- Kesalahan nama pada gambar, saklar magnet seharusnya kopling magnet.

6 Responses to "Rangkaian Dasar Kelistrikan AC Mobil"

  1. ijin ngutip gan

    ReplyDelete
  2. Supply arus motor browser itu dr mana ya? Thanks buat kejelasannya.

    ReplyDelete
  3. Supply arus motor browser itu dr mana ya? Thanks buat kejelasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin melakukan koreksi.
      Harusnya tiap komponen menggunakan relay untuk mengurangi busur api dan beban lebih pada saklar.
      Jadi saklar blower dijadikan sebagai sumber pemicu bekerjanya sistem kelistrikan AC.
      kalau ditelaah dari gambar ini maka setelah kunci kontak ON termis pada posisi on, kompresor akan nyala tanpa blower.

      Delete
  4. supply arus motor blower dari aki boss ...

    ReplyDelete
  5. ac mobil sya tdk dingin...stelah sya cek lgi ada satu kabel dri kompresor yg gk da sambunganya...penasaran dengan kabel itu jika sya tempelkan pada postif aki cluth magnet menekan...pertanyaanya, apa mngkin ac yg gk dingin trsebut krna dri kbel kmpersor itu, jika iya kmna sya hrus menyambungkan kabel tersebut...trimakasih atas jawabanya..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di Bestmechanic.blogspot.com semoga apa yang anda baca bermanfaat. Silahkan bergabung dengan Bestmechanic.blogspot.com dengan cara klik SUKA dalam LIKE BOX. dan saya tunggu kritik dan sarannya. Terima kasih.